Pentingnya Penerapan Healthy Eating Habits Pada Anak

Sabtu, 15 April 2017 - 06:30 WIB
Pentingnya Penerapan...
Pentingnya Penerapan Healthy Eating Habits Pada Anak
A A A
JAKARTA - Di masa pertumbuhan, si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, termasuk porsi buah dan sayur yang dikonsumsinya. Meski begitu, para orangtua juga perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak sekaligus mengasah keterampilan sosialnya dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengatakan berbagai penelitian menyebutkan bahwa feeding style atau cara pemberian makan yang tepat dapat memegang peranan penting dalam keberhasilan menerapkan healthy eating habit di rumah. “Oleh karena itu penting sekali melibatkan para orangtua untuk mengenal bagaimana cara memberikan makan yang tepat kepada anak mereka, feeding style mudah dipraktikkan. Dengan pendekatan yang menyenangkan, para orangtua jadi bersemangat untuk mempelajari dan mencoba mengajarkan kepada anak-anaknya,” ujarnya dalam acara edukasi PAUD Healthy Eating Habit (HEH) SGM Eksplor Buah & Sayur di Bekasi, Rabu (12/4/2017).

Lebih lanjut Anna menjelaskan, dengan adanya perubahan positif dari orangtua saat memberi makan anaknya, diharapkan anak jadi lebih bersemangat untuk makan makanan sehat, sehingga si kecil dapat bertumbuh sesuai dengan harapan. Selain itu, perkembangan kognitif, bahasa, emosi dan sosial si kecil juga akan meningkat lewat proses pemberian makan yang tepat.

“Selain pengetahuan tentang manfaat nutrisi seimbang, orangtua juga perlu tahu cara-cara membuat anak bersemangat makan. Para orangtua dapat menerapkan 7 tips agar si kecil semangat makan yaitu Kenalkan anak pada sobat buah dan sayur, ceritakan dongeng tentang makanan, buat si kecil lapar dengan mengajaknya bermain aktif agar lapar pada jam makan, libatkan si kecil memasak, berikanlah makanan dalam wadah yang lucu, tata makanan secara unik, dan lakukan teknik psikologi dengan memberikan si kecil proses makan yang menyenangkan,” tutur Anna.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)